3612 and 3616 Fast Vessel Engines Caterpillar


Engine Oil Sample - Obtain

Usage:

3616 1FN
Sebagai tambahan terhadap program perawatan pencegahan yang baik, Caterpillar merekomendasikan penggunaan analisa oli S·O·S pada interval yang dijadwalkan secara teratur untuk memonitor kondisi engine dan persyaratan perawatan engine.

Mendapatkan Sampel dan Hasil Analisa

------ PERINGATAN! ------

Oli panas dan komponen-komponen yang panas dapat menyebabkan cedera. Jangan membiarkan oli panas atau komponen-komponen yang panas tersentuh pada kulit.


Sebelum melakukan pengambilan sampel, lengkapi terlebih dahulu Label, PEEP5031 untuk memberikan identifikasi terhadap sampel. Untuk membantu mendapatkan hasil analisa yang paling akurat, berikan informasi berikut:

  • Model engine

  • Jam servis pada engine

  • Jam penggunaan oli

  • Jumlah oli yang telah ditambahkan sejak penggantian oli terakhir kali

Guna memastikan bahwa sampel dapat memberikan gambaran mengenai keadaan oli dalam karter, lakukan pengambilan sampel oli yang masih hangat dan telah bercampur dengan baik.

Untuk menghindari kontaminasi pada sampel oli, peralatan dan perlengkapan yang digunakan untuk mendapatkan sampel oli harus berada dalam keadaan bersih.




Ilustrasi 1g00496859

Sensor Partikel

(1) Katup pengambilan sampel oli

Caterpillar merekomendasikan penggunaan katup pengambilan sampel untuk mendapatkan sampel oli. Kualitas dan konsistensi pengambilan sampel akan lebih baik bilamana menggunakan katup pengambilan sampel. Lokasi katup pengambilan sampel memungkinkan dilakukannya pengambilan oli yang sedang mengalir dalam keadaan bertekanan selama pengoperasian engine normal.

Grup Botol Pengambilan Sampel Cairan 8T-9190 direkomendasikan untuk digunakan pada katup pengambilan sampel. Grup botol juga termasuk sukucadang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sampel oli. Petunjuk penggunaan juga tersedia didalamnya.


PERHATIAN

Jangan menggunakan pompa sampel vakum yang sama untuk mengambil sampel oli dan untuk mengambil sampel cairan pendingin.

Sejumlah kecil sisa dari masing-masing tipe sampel akan tertinggal di dalam pompa dan dapat menyebabkan kesalahan analisa dalam sampel yang diambil.

Gunakan selalu satu macam pompa untuk pengambilan sampel oli dan satu macam pompa untuk pengambilan sampel cairan pendingin.

Diabaikannya hal ini dapat mengakibatkan kesalahan dalam penganalisaan yang dapat mengarah menjadi sumber kekhawatiran pelanggan dan dealer.


Apabila engine tidak diperlengkapi dengan katup pengambilan sampel, gunakan sebuah Pompa Vakum 1U-5718. Pompa dirancang untuk dapat digunakan dengan botol pengambilan sampel. Pipa sekali pakai harus dipasangkan pada pompa untuk diselipkan ke dalam bak penampung.

Untuk mengetahui petunjuknya, lihat Publikasi Khusus, PEHP6001, "How To Take A Good Oil Sample". Hubungi dealer Caterpillar untuk mendapatkan informasi selengkapnya dan bantuan dalam menyusun program S·O·S bagi engine anda.

Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.