3512 Industrial Engine Caterpillar


Overhaul Considerations

Usage:

3512 1LM

Keterangan Mengenai Overhaul

Overhaul adalah melakukan penggantian komponen-komponen utama engine yang telah aus. Interval overhaul merupakan interval perawatan yang telah direncanakan. Engine direkondisi dengan menggunakan sukucadang rekondisi tertentu atau sukucadang baru yang menggantikan sukucadang yang aus.

Overhaul juga meliputi tindakan perawatan berikut:

  • Pemeriksaan semua sukucadang yang dapat terlihat selama proses pembongkaran

  • Penggantian seal dan gasket yang dilepaskan

  • Pembersihan saluran-saluran internal engine dan blok engine

Sebagian besar pemilik akan menghemat uang dengan melakukan overhaul pada interval yang direkomendasikan dalam Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan. Perhatikan grafik dalam gambar 1.




Ilustrasi 1g00541431

Biaya overhaul terhadap waktu

(Y) Biaya

(X) Waktu

(1) Biaya perawatan dan perbaikan yang direncanakan

(2) Biaya perawatan dan perbaikan yang tidak direncanakan

Dalam gambar 1, garis (1) menyatakan biaya perawatan dan perbaikan bagi pemilik yang mengikuti rekomendasi untuk melakukan pemeriksaan, perawatan dan perbaikan. Bagian puncak menyatakan overhaul.

Garis (2) menyatakan biaya perawatan dan perbaikan bagi pemilik yang memilih untuk melakukan pengoperasian melampaui interval yang direkomendasikan. Biaya awal dari prinsip "perbaikan setelah rusak" adalah rendah. Demikian juga, overhaul pertama akan tertunda. Namun demikian, bagian puncak akan lebih tinggi dibandingkan bagian puncak untuk pelanggan yang menggunakan prinsip "perbaikan sebelum rusak".

Bagian puncak yang lebih tinggi merupakan akibat dari dua faktor kunci:

  • Menunda suatu overhaul sampai rusak akan meningkatkan peluang kerusakan katastropik. Kerusakan tipe ini memerlukan lebih banyak sukucadang, tenaga dan pembersihan.

  • Keausan yang berlebihan berarti lebih sedikit komponen yang dapat digunakan kembali. Lebih banyak tenaga yang akan diperlukan untuk melakukan pengembalian ke kondisi semula serta perbaikan pada komponen.

Bilamana keseluruhan biaya diperhatikan, "PERBAIKAN SEBELUM RUSAK" merupakan alternatif yang paling sedikit biayanya untuk sebagian besar komponen dan engine.

Adalah sangat tidak praktis untuk menunggu sampai engine menampakkan gejala keausan berlebih atau kerusakan. Biaya untuk menunggu akan lebih besar. Suatu overhaul yang direncanakan merupakan yang terbaik karena alasan-alasan berikut:

  • Kerusakan tak direncanakan yang biayanya mahal dapat dihindari.

  • Sebagian sukucadang yang terpasang sejak awal masih dapat digunakan kembali sesuai dengan petunjuk penggunaan ulang sukucadang.

  • Umur pemakaian engine dapat diperpanjang tanpa adanya resiko kerusakan katastropik besar akibat kerusakan engine.

  • Tercapainya hubungan biaya/manfaat yang terbaik untuk tiap jam umur pemakaian yang diperpanjang.

Interval Overhaul

Sejumlah faktor merupakan hal yang penting dalam menentukan interval overhaul termasuk pertimbangan-pertimbangan berikut:

  • Kinerja perawatan pencegahan

  • Penggunaan pelumas yang direkomendasikan

  • Penggunaan cairan pendingin yang direkomendasikan

  • Penggunaan bahan bakar yang direkomendasikan

  • Pemasangan yang benar

  • Kondisi pengoperasian

  • Pengoperasian dalam batasan yang memenuhi syarat

  • Beban engine

  • Kecepatan engine

Pada umumnya, engine yang dioperasikan pada beban dan/atau kecepatan yang kurang akan mencapai umur pemakaian yang lebih lama sebelum mencapai overhaul. Namun demikian, hal ini hanya berlaku untuk engine yang dioperasikan dan dirawat dengan benar.

Faktor-faktor lain juga harus dipertimbangkan untuk menentukan suatu overhaul besar:

  • Jumlah total konsumsi bahan bakar

  • Jam servis engine

  • Bertambahnya tingkat konsumsi oli

  • Bertambahnya tekanan blowby pada karter

  • Analisa keausan logam pada oli pelumas

  • Bertambahnya tingkat kebisingan dan vibrasi

Bertambahnya laju keausan logam dalam oli pelumas menandakan bahwa bantalan dan permukaan yang aus perlu di servis. Bertambahnya tingkat kebisingan dan vibrasi menandakan bahwa komponen-komponen yang berputar memerlukan tindakan servis.

Catatan: Bisa saja hasil analisa oli menunjukkan berkurangnya keausan logam dalam oli pelumas. Tabung dalam silinder mungkin telah aus sehingga permukaan dalam lubang menjadi licin dan mulus. Demikian juga, penggunaan oli pelumas yang bertambah akan melarutkan keausan logam.

Lakukan pengamatan terhadap engine saat jam servis engine berakumulasi. Hubungi dealer Caterpillar untuk mengetahui penjadwalan suatu overhaul besar.

Catatan: Peralatan yang digerakkan juga perlu diservis ketika engine di overhaul. Gunakan petunjuk pada literatur yang disediakan oleh pabrik OEM pembuat peralatan yang digerakkan.

Penggunaan Konsumsi Bahan Bakar Untuk Menghitung Interval Overhaul

Tingkat konsumsi bahan bakar total merupakan faktor yang sangat penting dalam memperkirakan interval overhaul. Konsumsi bahan bakar mengkompensasi aplikasi dan beban engine.

Apabila tingkat konsumsi bahan bakar total belum pernah dicatat, gunakan persamaan dalam Tabel 1 untuk memperkirakan jam sampai mencapai overhaul. Persamaan juga dapat digunakan untuk memperkirakan interval overhaul bagi engine yang masih baru.

Table 1
Persamaan untuk Menghitung Interval Overhaul    
H = F/R    
"H" adalah besarnya perkiraan jam sampai mencapai interval overhaul.    
"F" adalah perkiraan tingkat konsumsi bahan bakar total dari engine.    
"R" adalah laju konsumsi bahan bakar dalam liter per jam atau gallon per jam.    

Gunakan catatan aktual konsumsi bahan bakar, bilamana memungkinkan. Apabila catatan aktual tidak tersedia, gunakan prosedur berikut untuk memperkirakan tingkat konsumsi bahan bakar.

  1. Perkirakan prosentasi beban rata-rata pada pengoperasian engine.

  1. Gunakan petunjuk pada Caterpillar, "Engine Specifications" ("spec" sheet). Hal ini akan menentukan tingkat konsumsi bahan bakar terhadap prosentasi beban yang diperkirakan dalam langkah 1. Gunakan data ini pada persamaan dalam Tabel 1.

Tingkat Konsumsi Oli Sebagai Indikator Overhaul

Informasi tingkat konsumsi oli, konsumsi bahan bakar dan perawatan dapat digunakan untuk memperkirakan biaya pengoperasian total pada engine Caterpillar. Tingkat konsumsi oli juga dapat digunakan untuk memperkirakan kapasitas yang diperlukan untuk penambahan isi tangki oli yang sesuai pada interval perawatan.

Tingkat konsumsi oli sebanding dengan prosentasi beban engine. Dengan bertambahnya prosentasi beban engine, jumlah oli yang dikonsumsi per jam juga bertambah.

Laju konsumsi oli (brake specific oil consumption) diukur dalam gram per kW/jam (lb per bhp). Brake specific oil consumption (BSOC) bergantung pada beban engine. Hubungi dealer Caterpillar untuk mendapatkan bantuan dalam menentukan laju konsumsi oli yang sesuai bagi engine.

Bilamana tingkat konsumsi oli engine telah meningkat tiga kali lipat dari laju konsumsi oli awal akibat keausan normal, overhaul engine sudah dapat dijadwalkan. Akan terjadi peningkatan yang berkaitan pada tekanan blowby serta peningkatan kecil dalam tingkat konsumsi bahan bakar.

Pemeriksaan Overhaul

Gunakan petunjuk pada Service Manual untuk mengetahui prosedur pembongkaran dan pemasangan yang diperlukan untuk melakukan perawatan yang diperlukan pada komponen-komponen yang diberikan dalam daftar. Hubungi dealer Caterpillar untuk mendapatkan bantuan.

Untuk menentukan publikasi pemakaian ulang yang dibutuhkan untuk memeriksa engine, gunakan petunjuk pada Guidelines for Reusable Parts and Salvage Operations, SEBF8029, "Index of Publications on Reusability or Salvage of Used Parts".

Guidelines For Reusable Parts and Salvage Operations merupakan bagian dari program pemakaian ulang sukucadang Caterpillar. Panduan ini disusun untuk membantu dealer Caterpillar serta para pelanggan dalam mengurangi biaya dengan cara menghindari pembelian sukucadang yang baru. Apabila komponen engine masih memenuhi kriteria yang dinyatakan dalam spesifikasi pemeriksaan, sukucadang dapat digunakan kembali.

Penggunaan sukucadang yang telah berada di luar batas spesifikasi dapat menyebabkan kerusakan yang tidak direncanakan dan/atau perbaikan dengan biaya mahal. Penggunaan sukucadang yang telah berada di luar batas spesifikasi juga dapat menyumbang pada bertambahnya tingkat konsumsi bahan bakar dan pengurangan efisiensi engine. Sukucadang yang baru tidak diperlukan apabila sukucadang yang lama dapat digunakan kembali, diperbaiki atau dikembalikan ke kondisi semula. Bila tidak demikian, sukucadang yang lama dapat diganti atau dipertukarkan.

Dealer Caterpillar dapat menyediakan sukucadang yang dibutuhkan untuk merekondisi engine pada biaya yang sesedikit mungkin.

Program Overhaul

Cara yang paling ekonomis dalam mendapatkan sukucadang yang dibutuhkan untuk overhaul adalah dengan menggunakan sukucadang remanufaktur Caterpillar. Sukucadang remanufaktur Caterpillar tersedia dengan harga lebih rendah dibandingkan biaya sukucadang baru. Sukucadang ini telah direkondisi oleh Caterpillar dan mendapatkan sertifikat untuk digunakan. Komponen-komponen berikut merupakan contoh dari sukucadang remanufaktur:

  • Kepala silinder

  • Pompa oli

  • Turbocharger

  • Pompa air

Hubungi dealer Caterpillar untuk mengetahui rincian dan daftar sukucadang remanufaktur yang tersedia.

Dealer Caterpillar dapat menawarkan berbagai pilihan overhaul.

Overhaul Borongan memberikan jaminan terhadap harga maksimum yang harus dibayar pada suatu overhaul. Harga borongan (flat rate) untuk pilihan program perawatan pencegahan atau perbaikan besar telah tersedia di berbagai dealer yang memberikan servis terhadap engine Caterpillar. Hubungi dealer Caterpillar untuk menjadwalkan suatu overhaul sebelum rusak.

Rekomendasi Overhaul

Caterpillar merekomendasikan suatu overhaul yang terjadwal guna meminimalkan waktu mogok. Overhaul terjadwal akan memberikan biaya yang paling rendah dan manfaat yang paling besar. Lakukan penjadwalan overhaul dengan dealer Caterpillar.

Program layanan overhaul akan berbeda di tiap dealer. Untuk mendapatkan informasi yang lebih spesifik mengenai tipe program overhaul dan layanan yang diberikan, hubungi dealer Caterpillar.

Caterpillar Information System:

G3606 and G3608 Engines Governor Adjustment Procedure
3508, 3512, and 3516 Generator Sets Fuel Control Linkage - Check/Lubricate
3208 Marine Engine Engine - Clean
Air Conditioning and Heating R134a for All Caterpillar Machines Refrigerant Compressor
3508B, 3512B, and 3516B High Displacement Generator Sets Engine Air Cleaner Service Indicator - Inspect
3508B, 3512B, and 3516B High Displacement Generator Sets Manual Stop Procedure
3508, 3512, and 3516 Generator Sets Engine Air Cleaner Element (Single Element) - Clean/Replace
3500 Generator Sets Reference Information
3508B, 3512B, and 3516B High Displacement Generator Sets Engine Operation
3508B, 3512B, and 3516B High Displacement Generator Sets After Starting Engine
PM3516 Power Modules Starting with Jump Start Cables
3408B and 3412C Generator Set Engines Electrical System
3508, 3512, and 3516 Generator Sets Reference Material
3306B Industrial Engine Water Temperature Regulator
C15 and C18 Petroleum Generator Sets Belts - Inspect/Adjust/Replace
3516C Locomotive Engine Overhaul (Top End)
3508B, 3512B, and 3516B High Displacement Generator Sets Fan Drive Bearing - Lubricate
3512 Industrial Engine Overhaul (Top End)
3508, 3512, and 3516 Generator Sets Engine Speed/Timing Sensor - Clean/Inspect
3512 Industrial Engine Overhaul (Major)
PM3500 Power Modules Annunciator Panel - Inspect
3306C Engines for Caterpillar Built Machines Crankcase Breather
3408B and 3412C Generator Set Engines Air Starting System
3306C Truck Engine Engine Oil Pan
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.