416F2, 420F2 and 430F2 Backhoe Loaders Caterpillar


Safety Messages

Usage:

416F2 LBF


Ilustrasi 1g03735167

Terdapat beberapa pesan keselamatan spesifik pada alat berat ini. Lokasi bahaya yang pasti serta keterangannya akan dibahas di bagian ini. Kenali dan pahami semua pesan keselamatan.

Pastikan semua pesan keselamatan dapat terbaca dengan jelas. Bersihkan pesan keselamatan atau ganti pesan keselamatan dengan yang baru jika Anda tidak dapat membaca kata-katanya. Ganti gambar-gambarnya apabila gambar tersebut tidak dapat dibaca. Sewaktu membersihkan pesan keselamatan, gunakan kain, air dan sabun. Jangan menggunakan pelarut, bensin, atau cairan kimia keras lainnya untuk membersihkan pesan keselamatan. Pelarut, bensin, atau cairan kimia keras dapat merusak perekat pada pesan keselamatan. Bahan perekat yang telah hilang dapat mengakibatkan pesan keselamatan terlepas.

Ganti pesan keselamatan yang telah rusak atau hilang. Jika pesan keselamatan terpasang pada komponen yang diganti, pasang pesan keselamatan yang baru pada suku cadang pengganti. Setiap dealer Caterpillar dapat menyediakan pesan keselamatan yang baru.

Jangan Operasikan (1)



Ilustrasi 2g01370904

Pesan keselamatan ini terletak di bawah sakelar start engine.

------ PERINGATAN! ------

Jangan mengoperasikan atau bekerja dengan alat berat ini kecuali apabila Anda telah membaca dan memahami petunjuk serta peringatan dalam Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan. Kelalaian dalam mengikuti petunjuk atau kelalaian dalam memperhatikan peringatan dapat mengakibatkan cedera badan atau kematian. Hubungi dealer Cat setempat untuk buku petunjuk penggantian. Anda bertanggung jawab untuk senantiasa berhati-hati.


Tidak Ada Eter Dalam Saluran Masuk Udara (2)



Ilustrasi 3g01372254

Pesan keselamatan ini terletak pada penutup filter udara.

------ PERINGATAN! ------

Bila dilengkapi dengan pemanas udara masuk (AIH) untuk menstart pada cuaca dingin, jangan menggunakan alat bantu start jenis aerosol seperti misalnya ether. Penggunaan hal ini dapat mengakibatkan terjadinya ledakan dan cedera.


Penyambungan yang Benar untuk Kabel Jump Start (3)



Ilustrasi 4g01370909

Pesan keselamatan ini terletak di sisi kanan alat berat.

------ PERINGATAN! ------

Bahaya Ledakan! Penyambungan kabel jamper yang tidak benar dapat menyebabkan ledakan yang mengakibatkan cedera atau bahkan kematian. Baterai dapat terletak dalam kompartemen yang terpisah. Bilamana menggunakan kabel start jamper, hubungkan selalu kabel positif (+) dari catudaya sumber ke terminal positif (+) baterai yang terhubung ke solenoid starter. Hubungkan kabel negatif (−) dari catudaya sumber ke terminal negatif (−) starter. Apabila alat berat tidak diperlengkapi dengan terminal negatif starter, sambungkan kabel negatif (−) ke blok engine. Ikuti prosedur dalam Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan.


Akumulator Tekanan Tinggi (4)

Pesan keselamatan ini terletak pada akumulator untuk kontrol hidraulik operasi pilot. Akumulator ini terletak pada rangka di bagian belakang kanan alat berat.



Ilustrasi 5g01374065

------ PERINGATAN! ------

Akumulator hidrolik berisikan gas dan oli yang bertekanan tinggi. Prosedur pelepasan atau perbaikan yang tidak benar dapat menyebabkan cedera yang parah. Untuk melakukan pelepasan atau perbaikan, petunjuk dalam buku petunjuk servis harus dipatuhi. Diperlukan peralatan khusus untuk melakukan pengujian dan pengisian.


ROPS (5)



Ilustrasi 6g01113333

Pesan keselamatan ini terletak di kabin di sebelah kiri pintu.

------ PERINGATAN! ------

Kerusakan struktur, terbaliknya kendaraan, modifikasi, pengubahan atau perbaikan yang tidak benar, dapat memperlemah kemampuan perlindungan struktur yang akan menyebabkan sertifikasi ini menjadi tidak berlaku. Jangan melakukan pengelasan atau pembuatan lubang pada struktur. Hubungi dealer Caterpillar untuk menentukan batasan-batasan struktur tanpa membatalkan sertifikasinya.


Bahaya Tergerus (6)



Ilustrasi 7g01371644

Pesan keselamatan ini terletak pada boom di atas pin kaki boom.

------ PERINGATAN! ------

Bahaya Terjepit! Harap berada pada jarak yang aman. Tidak ada ruang gerak bagi orang dalam daerah ini sewaktu alat berat sedang membelok. Kelalaian dalam mengikuti petunjuk ini dapat menyebabkan cedera atau bahkan kematian


Bukan Jalan Keluar (7)



Ilustrasi 8g01407377

Pesan peringatan ini terletak di bagian belakang kabin.

------ PERINGATAN! ------

Bahaya terjepit; Ini bukan pintu masuk atau keluar. Jangan berada pada daerah ini sewaktu alat berat sedang bekerja. Hidupkan dan operasikan backhoe hanya dari kursi operator. Kelalaian dalam mengikuti peringatan ini dapat mengakibatkan terjadinya cedera atau bahkan kematian.


Brace Silinder Angkat (8)



Ilustrasi 9g01407376

Pesan keselamatan ini terletak pada brace untuk lift arm loader.

------ PERINGATAN! ------

Saat melakukan pekerjaan apa pun di bawah lift arm loader yang terangkat, penahan lift arm loader harus berada di tempatnya. Pasang brace lift arm loader sebagai berikut.

  1. Kosongkan loader bucket. Lepaskan pin yang menahan brace lift arm loader ke lengan loader kiri. Angkat lengan loader dengan bucket berada pada posisi buang.

  2. Posisikan brace servis di atas silinder angkat kiri dengan ujung datar menghadap ujung silinder.

  3. Dorong pin melalui lubang brace lift arm loader dan pasang pin cotter.

  4. Secara perlahan, turunkan lengan loader hingga brace menyentuh bagian atas silinder angkat pada lengan loader.

  5. Untuk melepaskan brace lift arm loader, lakukan prosedur terbalik.

Kelalaian mengikuti prosedur ini dapat mengakibatkan kematian atau cedera parah jika lengan loader turun secara tidak disengaja.


Untuk informasi lebih lanjut, rujuk ke Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Brace Silinder Angkat - Penyambungan dan Pelepasan".

Sistem Bertekanan (9)

Pesan keselamatan ini terletak pada tutup pengisi sistem pendinginan.



Ilustrasi 10g01370913

------ PERINGATAN! ------

Sistem bertekanan: Cairan pendingin yang panas dapat menyebabkan luka bakar serius. Untuk membuka tutup, matikan engine, tunggu sampai radiator menjadi dingin. Kemudian kendoran tutup secara perlahan untuk membebaskan tekanan.


Tekanan Silinder Tinggi (10)

Pesan keselamatan ini terletak di kedua sisi boom di dekat koneksi dengan stick.



Ilustrasi 11g01407379

------ PERINGATAN! ------

Silinder Bertekanan Tinggi. Kelalaian dalam membaca dan mematuhi petunjuk ini dapat menyebabkan pengosongan gas dan/atau cairan hidrolik secara cepat yang dapat mengakibatkan cedera, kematian dan kerusakan harta benda.


Sabuk Pengaman (11)



Ilustrasi 12g01370908

Pesan keselamatan ini terletak di bawah sakelar start engine.

------ PERINGATAN! ------

Sabuk pengaman harus dikenakan setiap saat selama pengoperasian alat berat untuk mencegah cedera atau bahkan kematian apabila terjadi kecelakaan atau alat berat terguling. Kelalaian dalam mengenakan sabuk pengaman selama pengoperasian alat berat dapat mengakibatkan cedera atau bahkan kematian.


Quick Coupler (12) (Bila Terpasang)

Pesan keselamatan ini terletak di bagian depan kabin di sisi kanan.



Ilustrasi 13g01411137

------ PERINGATAN! ------

CEDERA TERGERUS. DAPAT MENYEBABKAN CEDERA PARAH ATAU KEMATIAN. SELALU KONFIRMASIKAN PIN QUICK COUPLER TERPASANG. RUJUK KE BUKU PETUNJUK PENGOPERASIAN DAN PERAWATAN


Akumulator Tekanan Tinggi (13)

Pesan keselamatan ini terletak di samping akumulator jika alat berat dilengkapi dengan opsi untuk kontrol kendara. Akumulator terletak di belakang kotak baterai.



Ilustrasi 14g01370912

------ PERINGATAN! ------

Akumulator hidrolik berisikan gas dan oli yang bertekanan tinggi. Prosedur pelepasan atau perbaikan yang tidak benar dapat menyebabkan cedera yang parah. Untuk melakukan pelepasan atau perbaikan, petunjuk dalam buku petunjuk servis harus dipatuhi. Diperlukan peralatan khusus untuk melakukan pengujian dan pengisian.


Product Link (14) (Bila Terpasang)

Pesan keselamatan ini terletak di bagian depan kabin, di tiang kiri.



Ilustrasi 15g01381177

------ PERINGATAN! ------

Alat berat ini dilengkapi dengan perangkat komunikasi dari Caterpillar , yaitu Product Link . Jika detonator elektrik digunakan, perangkat komunikasi ini harus dinonaktifkan dalam jarak 12 m (40 ft) dari zona ledakan untuk sistem berbasis satelit dan dalam jarak 3 m (10 ft) dari zona ledakan untuk sistem berbasis seluler, atau dalam jarak yang telah ditentukan berdasarkan persyaratan hukum yang berlaku. Jika tidak dipatuhi, kegiatan tersebut dapat menyebabkan gangguan terhadap pengoperasian peledakan dan dapat mengakibatkan cedera parah atau kematian.

Jika jenis modul Product Link tidak dapat ditentukan, Caterpillar merekomendasikan perangkat dinonaktifkan dalam jarak tidak kurang dari 12 m (40 ft) dari area ledakan.


Bahan Bakar Tekanan Tinggi (15)



Ilustrasi 16g01381180

Pesan keselamatan ini terletak di rel bahan bakar di bagian atas engine.

------ PERINGATAN! ------

Jangan mengendurkan saluran bahan bakar tekanan tinggi ketika engine berjalan. Tekanan tinggi dalam saluran bahan bakar dapat menyebabkan cedera atau kematian. Tunggu 60 detik setelah engine berhenti untuk memungkinkan tekanan keluar sebelum perbaikan atau servis apapun dilakukan pada saluran bahan bakar engine.


Permukaan Panas (16)



Ilustrasi 17g01372256

Pesan keselamatan ini terletak pada komponen buang.

------ PERINGATAN! ------

Bagian-bagian yang panas atau komponen-komponen yang panas dapat menyebabkan luka bakar atau cedera diri. Jangan membiarkan bagian-bagian atau komponen-komponen panas menyentuh kulit Anda, Gunakan pakaian pelindung atau peralatan pelindung untuk melindungi kulit Anda.


Permukaan Panas (17)



Ilustrasi 18g02761076

Pesan keselamatan ini terletak di kompartemen penyimpanan yang terintegrasi dengan kotak filter partikulat diesel. Jangan simpan apa pun di dalam kotak yang tidak dapat disimpan pada temperatur di atas 50° C (122° F).

------ PERINGATAN! ------

Bagian-bagian yang panas atau komponen-komponen yang panas dapat menyebabkan luka bakar atau cedera diri. Jangan membiarkan bagian-bagian atau komponen-komponen panas menyentuh kulit Anda, Gunakan pakaian pelindung atau peralatan pelindung untuk melindungi kulit Anda.


Kipas Berputar (18)

Pesan keselamatan ini terletak di dekat kipas engine.



Ilustrasi 19g02793868

------ PERINGATAN! ------

Bahaya Terpotong! Jauhkan tangan dari kipas saat engine beroperasi. Dapat mengakibatkan cedera serius atau kematian.


Caterpillar Information System:

966M XE and 972M XE Wheel Loaders Power Train, Steering, Braking, Hydraulic, and Machine Systems Piston Pump (Steering) - Mounting
794 AC Off-Highway Truck Machine Systems Control Manifold (Steering)
424B Backhoe Loader Machine Systems Bank Valve (Loader) - Remove
794 AC Off-Highway Truck Machine Systems Battery
794 AC Off-Highway Truck Machine Systems Piston Pump
794 AC Off-Highway Truck Machine Systems Electronic Control Module
424B Backhoe Loader Machine Systems Bank Valve (Backhoe) - Install
794 AC Off-Highway Truck Machine Systems Axle Mounting
966M XE and 972M XE Wheel Loaders Power Train, Steering, Braking, Hydraulic, and Machine Systems Drive Shaft
424B Backhoe Loader Machine Systems Bank Valve (Backhoe) - Remove
424B Backhoe Loader Machine Systems Bank Valve (Backhoe) - Disassemble
794 AC Off-Highway Truck Machine Systems Air Conditioner Lines
794 AC Off-Highway Truck Machine Systems Axle Mounting
3516B Generator Set Engines with Dynamic Gas Blending Engine Has Early Wear
834H Wheel Dozer and 836H Landfill Compactor Maintenance Interval Schedule
794 AC Off-Highway Truck Machine Systems Cab Mounting
424B Backhoe Loader Machine Systems Bank Valve (Loader) - Install
424B Backhoe Loader Machine Systems Piston Pump - Remove
966M XE and 972M XE Wheel Loaders Power Train, Steering, Braking, Hydraulic, and Machine Systems Hydraulic Pump and Mounting
422F2, 426F2, 428F2, 432F2, 434F2 and 444F2 Backhoe Loaders Engine Oil and Filter - Change
422F2, 426F2, 428F2, 432F2, 434F2 and 444F2 Backhoe Loaders Fuel Tank Water and Sediment - Drain
416F2, 420F2 and 430F2 Backhoe Loaders Hydraulic Oil Sample - Obtain
C1.5 and C2.2 Engines for Caterpillar Built Machines Sensor Signal (Analog, Passive) - Test
725C2 and 730C2 Articulated Truck Machine System Cab - Remove and Install
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.