3512 Industrial Engine Caterpillar


Extended Life Coolant (ELC) Cooling System Maintenance

Usage:

3512 1LM

Penambahan Yang Benar Untuk Extended Life Coolant


PERHATIAN

Gunakan hanya produk-produk Caterpillar atau produk-produk komersial yang sudah melalui pengujian spesifikasi pre-mixed EC-1 atau konsentrasi coolant Caterpillar .

Gunakan hanya Caterpillar Extender dengan Extended Life Coolant.

Mencampur Extended Life Coolant dengan produk lainnya akan memperpendek usia pakai Extended Life Coolant. Kelalaian untuk mengikuti rekomendasi dapat mengurangi usia komponen-komponen sistem pendinginan kecuali kalau dilakukan tindakan yang tepat untuk memperbaiki.


Untuk menjaga keseimbangan yang tepat antara antibeku dan aditif, Anda harus menjaga konsentrasi Extended Life Coolant (ELC) yang sudah direkomendasikan. Menurunkan perbandingan bahan antibeku akan menurunkan perbandingan bahan aditif. Hal ini akan menurunkan kemampuan cairan pendingin dalam memberikan perlindungan kepada sistem pendinginan terhadap pitting, kavitasi, erosi, dan pembentukan deposit.


PERHATIAN

Jangan menggunakan coolant konvensional untuk menambah cairan ke dalam sistem pendinginan yang telah diisi dengan Extended Life Coolant (ELC).

Jangan menggunakan supplemental coolant additive (SCA) standar. Hanya menggunakan ELC Extender di dalam sistem pendinginan yang sudah diisi dengan ELC.


Selama melakukan perawatan rutin tiap hari, gunakan ELC yang telah dicampurkan sebelumnya untuk pengisian sistem pendinginan agar penuh. Hal ini untuk menambah cairan pendingin agar mencapai tinggi permukaan yang benar. Gunakan ELC atau gunakan cairan pendingin yang memenuhi spesifikasi Caterpillar EC-1.

Sebelum engine dihadapkan pada suhu membeku, periksa perlindungan terhadap pembekuan (konsentrasi glycol) dari cairan pendingin dengan menggunakan Coolant/Battery Tester 1U-7298 (Celsius) atau menggunakan Coolant/Battery Tester 1U-7297 (Fahrenheit). Gunakan konsentrat ELC untuk menyesuaikan konsentrasi glycol, apabila diperlukan. Konsentrat ELC dapat digunakan untuk menurunkan titik beku hingga −-51 ?C (-60 ?F).

ELC Extender Caterpillar

Caterpillar ELC Extender ditambahkan ke dalam sistem pendinginan pada setengah usia pakai ELC. Tambahkan sistem pendinginan dengan ELC Extender pada tiga tahun atau satu setengah usia pakai cairan pendingin. Gunakan Buku Petunjuk Pengoperasian dan Perawatan, "Jadwal Perawatan Periodik " (Bagian Perawatan).

ELC tersedia dalam kemasan dengan beberapa ukuran. Hubungi dealer Caterpillar terdekat Anda untuk memperoleh nomor sukucadang.

Penambahan ELC Extender

Jumlah ELC Extender yang diperlukan bergantung kepada kapasitas sistem pendinginan. Gunakan rumus yang terdapat dalam Tabel 1untuk menentukan jumlah pemakaian yang benar dariELC Extender.

Table 1
Rumus untuk Penambahan ELC Extender Pada ELC    
V ? 0,02 = X    
V adalah volume total sistem pendinginan.    
X adalah jumlah ELC Extender yang diperlukan.    

Tabel 2 adalah sebuah contoh yang menggunakan rumus di dalam Tabel 1.

Table 2
Contoh Rumus untuk Penambahan ELC Extender Pada ELC    
Volume Total Sistem Pendinginan (V)     Faktor Perkalian     Jumlah ELC Extender yang Diperlukan (X)    
(946 L)
(250 US gal)    
? 0,02     (19 L)
(5 US gal)    

Membersihkan Sistem Pendinginan ELC

Catatan: Apabila sistem pendinginan telah menggunakan ELC, larutan pembersih tidak perlu digunakan pada interval penggantian cairan pendingin. Larutan pembersih hanya diperlukan apabila sistem telah terkontaminasi oleh penambahan cairan pendingin dari jenis lain atau karena terjadi kerusakan pada sistem pendinginan.

ELC dapat dikembalikan konsentrasinya. Campuran cairan pendingin bekas pakai dapat di distilasi kembali. Proses distilasi ini dapat memisahkan ethylene glycol dan air. Hubungi dealer Caterpillar Anda untuk informasi tambahan.

Setelah sistem pendinginan dikosongkan dan kemudian diisi kembali, operasikan engine sementara tutup sistem pendinginan tetap dibuka. Operasikan engine hingga cairan pendingin mencapai suhu kerja normal dan tinggi permukaan cairan pendingin menjadi stabil. Bila diperlukan, tambahkan coolant mixture guna mengisi sistem pendinginan hingga mencapai ketinggian yang benar.

Mengganti ke ELC Caterpillar

Untuk melakukan penggantian dari cairan pendingin/antibeku heavy-duty menjadi Caterpillar ELC, lakukan langkah-langkah berikut :


    PERHATIAN

    Pastikan untuk selalu menampung semua cairan selama melakukan pemeriksaan, perawatan, pengujian, penyetelan dan perbaikan pada produk. Persiapkan penampungan cairan dengan menggunakan tempat penampung yang sesuai sebelum membuka suatu kompartemen atau membongkar komponen-komponen yang berisi cairan.

    Gunakan petunjuk pada Publikasi Khusus, NENG2500, "Caterpillar Tools and Shop Products Guide" guna mengetahui peralatan dan perlengkapan untuk mengumpulkan dan menampung cairan pada produk-produk Caterpillar.

    Buang semua cairan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.


  1. Buang cairan pendingin ke dalam wadah yang sesuai. Buanglah cairan pendingin pada tempat pembuangan, sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

  1. Bilas sistem pendinginan dengan menggunakan air bersih untuk menghilangkan semua kotoran.

  1. Bersihkan sistem pendinginan dengan menggunakan Caterpillar Cooling System Cleaner. Ikuti petunjuk yang terdapat pada labelnya.

  1. Buanglah cleaner ke dalam suatu wadah penampung. Bilas sistem pendinginan dengan air bersih.

  1. Isilah sistem pendinginan dengan air bersih dan operasikan engine hingga suhunya mencapai 49 hingga 66?C (120 hingga 150?F).


    PERHATIAN

    Pembilasan sistem pendinginan yang tidak benar atau tidak sempurna dapat menyebabkan kerusakan pada komponen tembaga atau komponen logam lainnya.

    Untuk menghindari kerusakan pada sistem pendinginan, lakukan pembilasan sistem pendinginan secara sempurna dengan menggunakan air yang bersih. Teruskan pembilasan sampai semua zat pembersih telah bersih terbuang.


  1. Buang air ke dalam wadah yang sesuai. Bilas sistem pendinginan dengan air bersih.

    Catatan: Larutan pembersih sistem pendinginan harus dibilas secara keseluruhan dari sistem pendinginan. Larutan pembersih sistem pendinginan yang masih tertinggal di dalam sistem akan menyebabkan kontaminasi pada cairan pendingin. Larutan pembersih juga dapat menyebabkan korosi pada sistem pendinginan.

  1. Ulangi Langkah 5 dan 6 sampai sistem pendinginan menjadi bersih seluruhnya.

  1. Isi sistem pendinginan dengan Premixed ELC Caterpillar.

  1. Lampirkan Label, Publikasi Khusus, "PEEP5027"di lubang pengisian sistem pendinginan sebagai tanda bahwa menggunakan ELC Caterpillar .

    Catatan: Air bersih merupakan satu-satunya cairan pembilas yang diperlukan bila ELC di buang dari sistem pendinginan.

Kontaminasi Sistem Pendinginan ELC


PERHATIAN

Mencampurkan ELC dengan produk lain akan mengurangi efektivitas ELC dan mempersingkat umur pemakaian ELC. Gunakan hanya produk Caterpillar atau produk komersial yang telah memenuhi spesifikasi Caterpillar EC-1 untuk cairan pendingin dalam bentuk telah dicampur atau dalam bentuk konsentrat. Gunakan Caterpillar ELC Extender hanya pada Caterpillar ELC. Kelalaian dalam mengikuti rekomendasi ini dapat mengakibatkan umur pemakaian komponen sistem pendinginan yang lebih singkat.


Sistem pendinginan ELC dapat mengatasi kontaminasi cairan pendingin/antibeku heavy-duty konvensional atau SCA sampai maksimum sepuluh persen. Apabila kontaminasi melebihi sepuluh persen dari kapasitas sistem total, lakukan SALAH SATU dari prosedur berikut:

  • Buang cairan di dalam sistem pendinginan ke dalam suatu wadah penampung. Buanglah cairan pendingin bekas pada tempat pembuangan, sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Bilas sistem pendinginan dengan menggunakan air bersih. Isi kembali sistem pendinginan dengan Caterpillar ELC.

  • Buang sebagian isi dari sistem pendinginan ke dalam sebuah wadah penampung sesuai peraturan setempat yang berlaku. Kemudian, isilah sistem pendinginan dengan premixed ELC. Hal ini akan menurunkan kadar kontaminasi menjadi kurang dari 10 persen.

  • Perlakukan sistem pendinginan sebagaimana Diesel Engine Antifreeze/Coolant (DEAC) konvensional. Tambahkan sistem pendinginan dengan SCA. Gantilah cairan pendingin pada jadwal yang telah direkomendasikan untuk Diesel Engine Antifreeze/Coolant (DEAC) konvensional.

ELC Komersial

Apabila ELC Caterpillar tidak digunakan, maka pilihlah ELC komersial yang memenuhi spesifikasi CaterpillarEC-1 dan salah satu dari "spesifikasi "ASTM D5345"atau spesifikasi " ASTM D4985. Jangan menggunakan extended life coolant yang tidak memenuhi spesifikasi EC-1. Ikuti panduan perawatan cairan pendingin dari penyuplai ELC komersial. Ikuti petunjuk Caterpillar terhadap kualitas air dan jangka waktu penggantian cairan pendingin yang ditentukan.

Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.