Air Conditioning and Heating R134a for All Caterpillar Machines Caterpillar


Service Intervals

Usage:

TK711 101


------ PERINGATAN! ------

Kontak dengan refrigerant dapat mengakibatkan cedera.

Sistem ini selalu berada di bawah tekanan, bahkan saat engine tidak beroperasi. Panas sama sekali tidak boleh diberikan ke sistem yang dalam keadaan terisi.

Kontak dengan refrigerant dapat menyebabkan radang beku (frostbite). Jauhkan dari wajah dan tangan Anda untuk membantu mencegah cedera.

Kaca mata pelindung harus selalu dikenakan saat saluran refrigerant dibuka, bahkan bila pengukur mengindikasikan bahwa sistem tidak berisi refrigerant.

Berhati-hatilah selalu saat fitting dilepaskan. Kendurkan fitting dengan perlahan. Bila sistem masih berada di bawah tekanan, kuras sistem untuk memulihkan refrigerant sebelum melepaskan fitting.

Menghirup refrigerant melalui rokok yang menyala dapat mengakibatkan cedera atau kematian.

Menghirup gas refrigerant AC melalui rokok yang menyala atau metode merokok lainnya atau menghirup asap yang dilepaskan dari api yang mengalami kontak dengan gas refrigerant AC, dapat menyebabkan cedera pada tubuh atau kematian.

Jangan pernah merokok saat menservis AC atau di mana pun terdapat gas refrigerant.

Sebelum melakukan pemeriksaan pada sistem AC dan pemanas, pindahkan alat berat ke permukaan horizontal yang rata. Turunkan semua attachment ke permukaan tanah. Pastikan transmisi berada di posisi netral atau parkir dan rem parkir terpasang. Mintalah semua personil lainnya untuk menjauh dari alat berat atau berada di lokasi yang dapat terlihat.


------ PERINGATAN! ------

Cedera badan dapat diakibatkan dari cairan pendingin panas. Bersentuhan dengan cairan pendingin yang panas atau dengan uap panas dapat menimbulkan luka bakar. Biarkan komponen sistem pendinginan menjadi dingin sebelum menguras sistem pendinginan.


Catatan: Sebelum melakukan perawatan apa pun, rujuk ke Pengujian dan Penyetelan, "Persiapan Alat Berat untuk Pengujian dan Penyetelan" untuk prosedur penguncian yang benar.

Perawatan rutin harus dilakukan untuk memaksimalkan kinerja sistem AC. Perawatan rutin harus dilakukan untuk meminimalkan downtime alat berat. Kelalaian memeriksa sistem ini akan menyebabkan kinerja yang buruk dan kegagalan dini. Periksa dan rawat sistem Heater dan AC sesuai diagram di bawah. Untuk informasi tambahan tentang petunjuk perawatan komponen dan sistem, lihat bagian Pengujian dan Penyetelan di buku petunjuk ini.

Tabel 1
Komponen atau Sistem  Pembersihan/Pemeriksaan  Penggantian 
Pengering dengan Lepas Cepat    Setiap 2000 jam 
Pengering dengan Sambungan O-Ring Pipa    Setiap 4000 jam 
Filter Resirkulasi  Mingguan  Bulanan 
Koil Kondensor  bila diperlukan   
Filter Udara Segar  Setiap pergantian  Mingguan 
Daftar periksa Perawatan Pemanas dan AC  Sesuai Musim   

  • Lakukan perawatan rutin pada unit servis refrigerant sesuai dengan petunjuk dari produsen. Ganti oli yang terdapat dalam pompa vakum sesuai dengan petunjuk dari produsen.

  • Periksa keakuratan skala yang digunakan untuk pengisian setiap 30 hari. Periksa setiap 30 penggunaan sesuai dengan petunjuk dari produsen.

Daftar Periksa Perawatan Pemanas dan AC

Tabel 2
Filter 
Pengoperasian  Peiksa jika OK 
Periksa kebersihan Filter Udara Segar.   
Periksa kebersihan Filter Resirkulasi.   

Tabel 3
Koil 
Pengoperasian  Peiksa jika OK 
Periksa koil kondensor terhadap kerusakan atau serpihan.   
Periksa koil evaporator terhadap kerusakan atau serpihan.   
Periksa koil heater terhadap kerusakan atau serpihan.   

Tabel 4
Blower dan Kipas 
Pengoperasian  Peiksa jika OK 
Periksa kipas kondensor jarak jauh untuk memastikan bahwa kipas beroperasi saat sistem AC beroperasi.   
Pastikan bahwa kipas blower untuk kabin beroperasi di semua pengaturan kecepatan.   

Tabel 5
Saluran Pembuangan Kondensasi 
Pengoperasian  Peiksa jika OK 
Pastikan bahwa saluran pembuangan bersih dan memudahkan aliran kondensasi.   
Pastikan bahwa katup kuras ada dan letaknya benar.   

Tabel 6
Pengering 
Pengoperasian  Peiksa jika OK 
Jika pengering memiliki lepas cepat, pastikan bahwa pengering telah diganti dalam 2000 jam terakhir. Ganti sesuai dengan diagram perawatan   
Jika pengering memiliki koneksi pipa dengan o-ring, pastikan bahwa pengering telah diganti dalam 4000 jam terakhir. Ganti sesuai dengan diagram perawatan   

Tabel 7
Kompresor 
Pengoperasian  Peiksa jika OK 
Periksa kebersihan koneksi kabel untuk kompresor dan pastikan bahwa koneksi bebas dari kerusakan.   
Pastikan bahwa tutup debu terpasang dengan kencang pada port servis.   
Pastikan kopling aktif ketika AC dihidupkan dan termostat diatur ke pendinginan maksimum.   

Tabel 8
Sabuk Penggerak Kompresor 
Pengoperasian  Peiksa jika OK 
Periksa sabuk penggerak kompresor terhadap keausan dan kerusakan.   
Pastikan puli tegangan otomatis berfungsi dengan benar.   
Pastikan sabuk penggerak sejajar dalam 1/3 derajat.   

Tabel 9
Selang dan Koneksi 
Pengoperasian  Peiksa jika OK 
Periksa saluran refrigerant terhadap keausan dan kerusakan.   
Periksa saluran refrigerant terhadap kebocoran.   
Periksa saluran heater terhadap keausan dan kerusakan.   
Periksa saluran heater terhadap kebocoran.   
Pastikan katup heater terbuka untuk digunakan pada musim dingin.   

Tabel 10
Kinerja 
Pengoperasian  Peiksa jika OK 
Pastikan pemeriksaan kinerja pada AC mengindikasikan sistem berfungsi dengan benar.
Rujuk ke Pengujian dan Penyetelan, "Pemeriksaan Kinerja untuk Sistem AC". 
 
Pastikan pemeriksaan kinerja pada sistem heater mengindikasikan bahwa sistem berfungsi dengan benar.
Rujuk ke Pengujian dan Penyetelan, "Pemeriksaan Kinerja untuk Sistem AC". 
 

Filter Udara - Pembersihan

Filter udara kabin dirancang untuk memberikan udara bersih ke koil evaporator dan koil heater. Filter udara kabin juga dirancang untuk menjaga kabin bertekanan. Jika filter tidak dirawat dengan benar, koil akan tertutup oleh kotoran. Koil yang kotor mengakibatkan hilangnya pemanasan dan pendinginan. Koil yang kotor juga mengakibatkan kegagalan kompresor. Rujuk ke Pengujian dan Penyetelan, "Pembersihan Koil".



Ilustrasi 1g01517100

Filter udara kabin harus diperiksa secara rutin. Setiap pemeriksaan berbeda-beda tergantung kondisi lingkungan. Filter udara segar harus diperiksa setelah setiap pergantian (8 hingga 10 jam). Filter udara segar harus diganti setelah setiap minggu (40 hingga 50 jam). Filter resirkulasi harus diperiksa setelah setiap minggu (40 hingga 50 jam). Filter resirkulasi harus diganti setelah setiap bulan (160 hingga 200 jam). Periksa filter terhadap lubang. Periksa filter ke arah sumber cahaya. Periksa gasket terhadap kerusakan atau bagian logam yang bengkok. Jangan gunakan filter yang rusak. Untuk kondisi yang sangat berdebu, filter harus diperiksa setiap hari dan filter harus dibersihkan bila perlu.



Ilustrasi 2g01517101

Bersihkan serpihan dengan udara kompresi. Jangan melebihi 690 kPa (100 psi) dari nozzle udara dengan diameter 3.18 mm (0.125 inch). Jaga jarak nozzle udara minimal 51 mm (2 inch) dari filter.

Filter yang terbuat dari busa dapat robek oleh udara tekanan rendah. Filter yang terbuat dari busa dapat juga dicuci perlahan dengan deterjen ringan. Setelah mencuci filter, keringkan filter dengan udara tekanan rendah.

Jika karbon tetap aktif, filter penyerap karbon dapat menjadi rusak oleh udara tekanan rendah. Jangan cuci filter penyerap karbon.

Filter standar atau filter efisiensi tinggi dapat menjadi rusak oleh udara tekanan rendah. Jangan cuci filter standar atau filter efisiensi tinggi.

Pembersihan Koil


PERHATIAN

Jangan menggunakan uap untuk membersihkan koil dalam kondisi apa pun. Panas dari uap akan menghasilkan ketegangan termal pada konstruksi komponen koil. Tegangan dapat melemahkan konstruksi keseluruhan dan merusak koil secara permanen.



PERHATIAN

Jangan menggunakan benda lain apa pun untuk meluruskan sirip, seperti obeng atau pisau. Benda ini dapat merusak koil.


Agar koil HVAC dapat berfungsi dengan benar, udara harus dapat mengalir dengan bebas ke seluruh sirip tanpa penghalang utama apa pun. Karena koil harus tetap bersih, penting untuk selalu membersihkan koil guna memberikan aliran udara yang cukup. Beberapa aplikasi pekerjaan dapat menyebabkan koil menjadi cepat kotor dan perlu sering dibersihkan. Terdapat berbagai metode yang dapat digunakan untuk membersihkan dengan benar. Metode yang digunakan tergantung pada jenis koil yang digunakan.

Koil kondensor secara khusus memiliki struktur sirip yang lebih tebal dan lebih tahan lama yang dirancang untuk tahan terhadap berbagai kondisi lingkungan. Karena konstruksinya, koil kondensor dapat dicuci dengan pembersih elektrik tekanan rendah. Bersihkan dengan pembersih elektrik untuk menghilangkan semua kotoran dan serpihan dari koil. Koil harus dibersihkan dari jarak yang aman. Namun, jika nozzle terlalu dekat ke koil, air masih dapat merusak sirip.

Koil evaporator dan heater khususnya terletak dalam area tertutup. Ini bertujuan untuk melindungi koil evaporator dan heater dari lingkungan, kotoran, dan serpihan luar. Oleh karena itu, konstruksinya tidak cukup kuat untuk menahan tekanan langsung dari pencucian. Untuk membersihkan koil, gunakan nozzle udara tekanan rendah seperti yang digunakan dalam membersihkan filter. Gunakan secara saksama nozzle udara tekanan rendah untuk membersihkan kotoran dan serpihan yang terdapat pada koil.

Selama pengoperasian normal dan pembersihan rutin, sirip kemungkinan dapat menjadi bengkok. Sirip yang bengkok dapat menyebabkan penutupan aliran udara yang akan mengurangi kinerja sistem secara umum. Luruskan sirip dengan menggunakan 208-1350 Group Alat Radiator. Mulai di satu sisi koil dan lakukan ke arah sisi lainnya. Berhati-hatilah agar tidak merobek atau membasahi sirip selama meluruskan karena akan menyebabkan pengurangan kinerja yang tidak diinginkan.

Caterpillar Information System:

Filtration Procedure for Motor Grader & Paving Equipment Hydraulic Oil {0680, 0768, 5050, 5056} Filtration Procedure for Motor Grader & Paving Equipment Hydraulic Oil {0680, 0768, 5050, 5056}
2008/04/14 A New Exhaust Valve is Used {1100, 1105}
2008/05/01 An Improved Adapter for the Fuel Priming Pump Is Now Used {1258}
2008/04/21 New Software Is Now Available for Improved Engine Start-up {1901, 7620}
Oil and Coolant Leaks of the Plate Gasket on the C27 and C32 Engines{1201, 1201} Oil and Coolant Leaks of the Plate Gasket on the C27 and C32 Engines{1201, 1201}
AccuGrade<SUP>&reg;</SUP> GPS (CD700) CAN Data Link - Test
Broken Tappet Springs on the 3406E, 3456, C-15, C-16, C-18, and C32Engines{1290} Broken Tappet Springs on the 3406E, 3456, C-15, C-16, C-18, and C32Engines{1290}
3406C Engines for Caterpillar Built Machines Fuel Filter Base
AccuGrade<SUP>&reg;</SUP> GPS (CD700) Display Language
C175-16 and C175-20 Generator Set Engines Ether Starting Aid - Test
AccuGrade<SUP>&reg;</SUP> GPS (CD700) Display Registration and Activation
C175-16 and C175-20 Generator Set Engines Prelubrication Pump Problem
2008/04/14 Water Pump Operation {1361}
Air Conditioning and Heating R134a for All Caterpillar Machines Required Tools
345D, 349D and 349D2 Excavators Hydraulic System Fan Motor (Hydraulic Oil Cooler) - Test - Measurement of Case Drain Oil
C32 Petroleum Engines Plate Locations and Film Locations
Air Conditioning and Heating R134a for All Caterpillar Machines Machine Preparation for Troubleshooting
AccuGrade<SUP>&reg;</SUP> GPS (CD700) Angle Sensor - Calibrate - PSC System
793F and 793F CMD Off-Highway Truck Air System Pressure Sensor (Air Tank)
793F and 793F CMD Off-Highway Truck Air System Air Dryer
AccuGrade<SUP>&reg;</SUP> GPS (CD700) Display Settings
Air Conditioning and Heating R134a for All Caterpillar Machines Condensate Drainage System
Air Conditioning and Heating R134a for All Caterpillar Machines Cab Pressurization and Filtration System
C13, C15, and C18 Tier 4 Final Engines Turbocharger
Back to top
The names Caterpillar, John Deere, JD, JCB, Hyundai or any other original equipment manufacturers are registered trademarks of the respective original equipment manufacturers. All names, descriptions, numbers and symbols are used for reference purposes only.
CH-Part.com is in no way associated with any of the manufacturers we have listed. All manufacturer's names and descriptions are for reference only.